• Jumat, 27 Mei 2022

Direktur LBH : Kasus Kekerasan Seksual Banyak Terjadi di Pidie Jaya

- Minggu, 10 April 2022 | 14:30 WIB
kekerasan seksual ilustrasi (Foto : Republika)
kekerasan seksual ilustrasi (Foto : Republika)

ACEHTIMURSATU.COM | BANDA ACEH - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh mengatakan dari sekian banyak kasus seksual">kekerasan seksual yang ada di Aceh, Pidie Jaya paling banyak terjadi.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh mencatat sebanyak 18 kasus seksual">kekerasan seksual terjadi di Aceh sepanjang tahun 2022. Sebanyak 16 kasus terjadi pada anak di bawah umur, sedang dua kasus lainnya wanita dewasa.

Direktur LBH, Syahrul Putra Mutia mengatakan jumlah kasus seksual">kekerasan seksual tersebut tertinggi yang pernah terjadi di awal tahun.

“Biasanya tahun 2021 laporan yang kami terima hanya sekitar 24 kasus, untuk tahun ini sudah 18 kasus. Padahal ini masih awal tahun dari bulan Januari 2022 sampai Maret 2022," ucap Syahrul, Sabtu (9/4/2022) dikutip ANTERO ACEH

Dari sekian banyak kasus seksual">kekerasan seksual yang ada di Aceh, Pidie Jaya paling banyak dibandingkan daerah lain yaitu tiga kasus.

Dengan banyaknya laporan yang masuk , LBH saat ini sedang merancang untuk membangun rumah aman bagi korban yang mengalami seksual">kekerasan seksual.

"Rumah aman ini dibangun di Gedung LBH sendiri, diperuntukkan kepada korban seksual">pelecehan seksual, agar mereka bisa tinggal di rumah tersebut, untuk healing atau penyembuhan/ pemulihan. Tempat ini juga kami jadikan sebagai tempat pemberdayaan skill, karena kita ketahui psikis mereka terganggu," tuturnya

Saat ini, pihaknya juga sedang melakukan penggalangan dana dan dana yang sudah terkumpul sekitar Rp. 100 juta dari total kebutuhan sebanyak Rp. 600 juta.


Editor: Muhammad Lukfarrazi

Tags

Terkini

Polisi Buru OTK Pelaku Penembakan Di Aceh Besar

Jumat, 13 Mei 2022 | 12:03 WIB
X