• Jumat, 27 Mei 2022

Farid Nyak Umar : Damkar 17 Miliyar Mengalami Kerusakan

- Sabtu, 9 April 2022 | 12:44 WIB

ACEHTIMURSATU.COM | BANDA ACEH  – Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar mengatakan damkar 17 Miliyar mobil canggih buatan Swedia hasil hibah Pemerintah Aceh yang dibeli menggunakan dana otsus Aceh melalui APBA tahun 2014 itu tidak dioperasikan selama ini karena mengalami kerusakan.

Pasca kebakaran suzuya mall di Banda Aceh damkar tersebut tidak di pakai dan banyak publik yang mempertanyakan terkait keberadaan Damkar tersebut.

Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh minta pemerintah setempat untuk segera memperbaiki dan memfungsikan mobil pemadam kebakaran canggih seharga Rp17 miliar  yang sudah tiga tahun rusak tak diperbaiki.

“Karena publik mempertanyakan kesiapan armada damkar dalam menangani kebakaran besar, terlebih ketika mobil tangga canggih seharga Rp17 miliar tidak dapat dipergunakan,” kata Ketua DPRK Banda Farid Nyak Umar, di Banda Aceh, Kamis.

Hal itu disampaikan Farid Nyak Umar usai meninjau kondisi armada pemadam kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh, sebagai respon atas kendala proses pemadaman terbakarnya Suzuya Mall Banda Aceh beberapa hari lalu.

Dalam peninjau tersebut diketahui bahwa mobil canggih buatan Swedia hasil hibah Pemerintah Aceh yang dibeli menggunakan dana otsus Aceh melalui APBA tahun 2014 itu tidak dioperasikan selama ini karena mengalami kerusakan pada triger dan hidroliknya, dan belum diservis sejak tiga tahun lalu. 

Kata Farid, mobil pemadam canggih tersebut memiliki spesifikasi mesin kendaraan 370 HP, 6X4R, 11000 CC, dan dilengkapi sistem komputerisasi dengan kapasitas pompa maksimal 5000 liter per menit.

“Kita sayangkan berkapasitas pompa maksimal 5.000 liter per menit dengan kekuatan semprot sampai 30 bar ini, tidak bisa dioperasionalkan, seharusnya ini dapat fungsikan,” ujarnya.

Selain mobil canggih, dalam tinjauan tersebut DPRK Banda Aceh juga menemukan armada pemadam kebakaran yang sudah tua dan tidak layak digunakan lagi karena sudah lama tidak dioperasikan.

Halaman:

Editor: Muhammad Lukfarrazi

Tags

Terkini

Polisi Buru OTK Pelaku Penembakan Di Aceh Besar

Jumat, 13 Mei 2022 | 12:03 WIB
X