• Jumat, 27 Mei 2022

Ini Damkar Canggih Rp 16 M di Aceh, Berikut Spesifikasinya

- Senin, 4 April 2022 | 22:49 WIB
Damkar canggah di Aceh (Foto : detik.Com)
Damkar canggah di Aceh (Foto : detik.Com)

ACEHTIMURSATU.COM | BANDA ACEH - Pasca kebakaran Suzuya Mall Banda Aceh, banyak warga yang menyinggung tentang Damkar modern bertangga seharga Rp. 16, 899 Miliar.

Masa Jabatan Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah sudah menyerahkan satu unit mobil Pemadam Kebakaran modern bertangga seharga Rp. 16, 899 Miliar kepada Walikota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Jamal di halaman depan kantor Gubernur Aceh,

“Ini mobil pemadam tercanggih dan saat ini baru dimiliki DKI Jakarta dan sekarang Kota Banda Aceh, semoga dengan adanya mobil ini penanganan kebakaran dapat lebih optimal,” ujar Gubernur.

Armada pemadam canggih dana Otsus 2014 buatan Swedia ini menggunakan berbagai fitur safety, sensor dan sistem komputer. Dapat menjangkau hingga ketinggian 33 M, tangga penyelamatnya dapat difungsikan sebagi jembatan hingga 20 meter dengan tangga dapat diputar hingga 360 derajat. Tangga tersebut dapat juga berfungsi sebagai crane untuk mengangkat beban maksimal 200 kg.

Mobil pemadam canggih ini juga dilengkapi dengan CCTV dibagian ujung tangga untuk memantau titik api dengan jangkauan semprot hingga 50 Meter dan mampu menyemprotkan air hingga 5000 liter/menit. Damkar jenis Volvo 370 ini memiliki tinggi 4,2 meter dengan panjang 13 meter dan lebar 2,4 meter.

“Mobil ini dirawat dengan baik agar masa penggunaan dan manfaatnya dapat digunakan dengan waktu yang relatif lama,” ujar Gubernur mengingatkan.

Walikota Banda Aceh, illiza Sa’aduddin Jamal sangat mengapresiasi dan berterima kasih karena telah memberikan mobil pemadam kebakaran bertangga kepada Kota Banda Aceh.

“Pemko Banda Aceh telah meminta bantuan mobil tersebut sejak tahun 2007 dan baru pada 2014 ini permintaan kami dapat dipenuhi, karena itu kami sangat berterima kasih, kesabaran kami membuahkan hasil,” ujar Illiza.

Saat ini Kota Banda Aceh telah memiliki 11 armada pemadam kebakaran, jumlah tersebut dirasakan masih kurang karena selain untuk wilayah Kota Banda Aceh, 11 armada tersebut juga sering digunakan untuk wilayah Aceh Besar.

Halaman:

Editor: Muhammad Lukfarrazi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Buru OTK Pelaku Penembakan Di Aceh Besar

Jumat, 13 Mei 2022 | 12:03 WIB
X