• Jumat, 27 Mei 2022

Akibat Stres Bisa Turunkan Berat Badan

- Sabtu, 9 April 2022 | 15:45 WIB
Ilustrasi (Foto : Kompas)
Ilustrasi (Foto : Kompas)

ACEHTIMURSATU.COM | ACEH TIMUR  - Akibat stres karena dengan berbagai situasi atau peristiwa yang terjadi dapat membuat berat badan turun.

Jenis stres dan pemicunya pun bermacam-macam. Pemicu stres dapat terjadi satu kali dalam jangka pendek, bisa juga terjadi berulang kali dalam waktu yang lama.

Dikutip CNBC INSONESIA Dampak stres tak hanya memengaruhi kondisi mental, tetapi juga dapat berpengaruh terhadap fisik, seperti berat badan yang turun dengan sendirinya.

Berikut beberapa penyebab yang membuat stres bisa menurunkan berat badan mengutip SehatQ:

1. Gangguan tidur

Susah tidur atau kesulitan tidur nyenyak seringkali dialami oleh seseorang yang sedang stres. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon pemicu stres yang disebut kortisol. Semakin banyak kortisol, maka akan membuat stres semakin parah. 

Dalam kondisi ini, tubuh akan bekerja lebih keras sehingga meningkatkan konsumsi energi dan berakhir dengan penurunan berat badan.

2. Peradangan dan aktivasi saraf bagus

Mengalami stres dan memilih makanan tidak sehat dapat menyebabkan peradangan yang meluas dan penurunan berat badan. Terjadinya peradangan kemudian memicu aktivasi saraf vagus yang memengaruhi fungsi usus ketika melakukan metabolisme makanan.

Halaman:

Editor: Muhammad Lukfarrazi

Tags

Terkini

X