Pemerintah Aceh Apresiasi Bupati Aceh Timur Melakukan Percepatan Kabupaten Layak Anak

ACEHTIMURSATU.COM - Provinsi Aceh memiliki 23 Kab dan Kota dan kabupaten Aceh Timur termasuk salah satu Kabupaten yang telah mendeklarasikan Kabupaten Menuju Layak Anak, Kamis, (15/7/2021) di Hotel Royal Idi, Aceh Timur

"Untuk itu "saya mengapresiasi Bupati beserta semua pemangku kepentingan Se-Kabupaten Aceh Timur atas upaya dan Komitmen untuk mewujudkan Kota Layak Anak,"Kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuam dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh Nevi Ariyani,SE, pada 12 Juli 2021, di Hotel Royal, Idi.

Dia disampaikan, saat membuka secara resmi Pelatihan Konvensi Hak Anak kluster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan budaya di Kabupatem Aceh Timur, di Hotel Royal Idi, dibagi II Angkatan dimulai pada 12 - 16 Juli 2021.

Kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha bahkan media sehingga pemenuhan hak-hak anak di Provinsi Aceh dapat lebih dipastikan.

Menurut Nevi Ariyani, Kebijakan ini membutuhkan koordinasi, sinergisitas dan koordinasi yang lebih terpadu agar kita semua dapat memenuhi hak-hak anak dalam bingkai KLA 

"Saya berharap bapak dan ibu, terus melakukan upaya-upaya progesif mengejar berbagai ketertinggalan dalam kurun waktu perjalanan yang  telah memasuki tahun ke-5 penerapan KLA," ujarnya 

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam pengembangan Kabupaten Layak Anak yaitu aspek sosiologis dimana masih ditemukan kondisi yang tidak kondusif  bagi tumbuh kembang anak.

Lalu aspek kedua, yaitu antropologis, dengan memudarnya nilai-nilai kebersamaan, menurunnya nilai-nilai rasa nyaman bagi anak.

Berikutnya aspek perlindungan dimana terbatasnya tempat yang aman bagi anak dan masih banyaknya anak yang menjadi korban kekerasan, pelecehan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya. 


Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM)  Muslidar,SH,  Pemkab saat ini  berupaya untuk menuju Kabupaten Layak Anak.disampaikan saat dibuka secara resmi tersebut di Hotel Royal, Kamis,(15/7/2021).

Oleh sebab itu, salah satunya diterbitkam peraturan daerah (Perda) Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Kabupaten Layak Anak.

"Tidak hanya itu, Bupati bersama unsur Forkopimda Aceh Timur sudah menandatangani Kabupaten Aceh Timur Menuju Kabupaten Layak Anak Pada 7 Juli 2021, sepekan ini," Kata Muslidar.

Dalam pelatihan tersebut, Kepala DP3AKB Aceh Timur mengingatkan hal terpenting  dalam proses pengembangan KLA adalah Koordinasi antar para staleholder pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

"Saya berharap penguatan koordinasi para stakeholder dapat terus ditingkatkan dan dilakukan secara rutin, Sebab anak adalah Investasi kota dimasa yang akan datang. maka menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas, 

"Mereka modal pembangunan, " untuk itu kita harus bahu membahu mengambil peran untuk dapat mewujudnya," tutup Kadis Dp3akb Muslidar (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Terkini