Cara Mudah Aktivasi Akun MySAPK di HP Android

HABA ACEH TIMUR -  | BKPSDM - Mengenai Aplikasi MySAPK mungkin sebagian dari anda sudah ada dilayar menu handphone android,  namun bagi sebagian ASN dengan kemampuan terbatas pasti kebingungan bahkan lupa password akun sendiri.

Untuk aktivasi download MySAPK atau masuk ke laman website https://mysapk.bkn.go.id lalu langsung klik Lupa Password.

Langsung teringat salah satu rekan kerja bernama Ok Ahmed seorang pelaksana pengelola data Dinas Kominfo. Ia mengeluh dalam aktifasi akun di MySAPK lantaran lupa. Dia sebelumnya telah menginstal melalui Playstore aplikasi MySAPK. Dengan kemampuan terbatas, ia mengaktifkan akun sempat kebingungan bahkan lupa password akun MySAPK sendiri. Tidak hanya Ok Ahmed masih banyak pengguna MySAPK lain yang masih bingung mengaktifkan akunnya.

Seperti banyak aplikasi lainnya, tidak selamanya aplikasi MySAPK ini berjalan dengan mulus. Terkadang juga terjadi masalah update kembali di dalamnya, permintaan verifikasi lupa password akun, termasuk saat digunakan di Handphone android. 

MySAPK juga bisa mengalami persoalan seperti aplikasi tidak bisa dibuka, permintaan akun password, pengisian data baru lain sebagainya.
Lantas, bagaimana cara mengatasi hal tersebut pada Aplikasi MySAPK ini ? 

Untuk itu Kepala BKPSDM Kab. Aceh Timur T. Didi Farisha, S. STP,  MAP memberikan berbagai Informasi selengkapnya bisa anda simak pada alur cara aktivasi akun MySAPK ulasan di bawah ini via whatsApp , Jumat (25/6/2021)


Begini alur cara aktivasi akun MySAPK 

1. Unduh aplikasinya bisa di Playstore 

2.  Pilih aplikasinya MySAPK , lalu jangan lupa Klik tombol lupa password ke link Reset Password dulu Klik disini . 

5. Selanjutnya bakal muncul halaman lupa password, pada kolom kedua masukkan email yang terdaftar di MySAPK untuk melakukan reset password, tentu masukkan NIP anda sebagai username dan Klik Lanjutkan;

6. Sistem akan mengirim token ke email terdaftar selanjutnya masukan password baru dengan minimal 8 karakter terdiri dari minimal 1 huruf besar dan 1 angka 

7. Ambil kode token yang telah dikirim ke email anda, ambil atau salin dan tempel saja pada aplikasi MySAPK, lalu masukan ke kolom "lupa Password" dan kemudian klik Reset Password;

Bila proses selesai update password telah berhasil dilakukan;

8. Masukan password baru dan token yang diperoleh melalui email, dilanjutkan Login di menu MySAPK dengan menggunakan Username berupa NIP dan password baru yang telah didaftarkan;

9. Diharapkan jika isian benar, anda akan login di MySAPK dengan password baru; 

10. Bila anda berhasil login ke MySAPK maka akan tampil Menu Home aplikasi MySAPK, anda  tinggal menunggu menu update Mandiri pada bulan Juli 2021 mendatang.

Untuk proses pengisian data baru anda (update) dalam waktu dekan ini proses update bakal diaktifkan untuk saat ini saat ini dimintakan bersabar dan masih belum bisa dilakukan.

T. Didi Farisha mengingatkan bila para ASN Aceh Timur masih kesulitan dalam proses tersebut atau mendapat notifikasi Operasi Gagal, NIP atau email tidak sesuai 

"Para ASN bila masih kesulitan dalam mengakses MySAPK diharapkan mengunakan langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengunjungi e-corner kami atau Contact Person sdr. Yufrizal, A.Md, HP : 085276794600. 

Adapun ASN yang tidak mengikuti Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) yaitu : 1. PNS yang tidak ikut E-PUPNS 2015, 2. Yang Pensiun pada tahun 2021 dan 2022, 3. CPNS 2019 dan PPPK.

Demikian informasi Cara Aktivasi Akun di Aplikasi MySAPK BKN bagi ASN, semoga bermanfaat dan dapat membantu ASN Aceh Timur. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Terkini